Prosedur Pendaftaran Sekolah Calon Penyelenggara UNBK 2016

Tags dilihat: kali

Pendataan Sekolah Calon Penyelenggara UNBK 2016
TUGAS PROVINSI:
  1. Provinsi dan Kota/kab membentuk Tim UNBK 2016, dan menyampaikan ke Pusat.
  2. Provinsi men-check list Kota/Kab yang akan menyelenggarakan UNBK dalam web UNBK dan menyampaikan username dan password web UNBK ke Kota/kab tersebut. http://unbk.kemdikbud.go.id/
  3. Tim Teknis Propinsi dapat melakukan verifikasi kesiapan sekolah bersama-sama dengan tim teknis kota/kabupaten.
  4. Propinsi menetapkan sekolah penyelenggara UNBK berdasarkan hasil verifikasi.
TUGAS KOTA/KABUPATEN:
  1. Kota/kab mengirimkan usulan sekolah calon penyelengara ke pusat melalui propinsi.
  2. Kota/kab men-check list sekolah calon penyelenggara UNBK dalam web UNBK dan menyampaikan username dan password web UNBK ke masing-masing sekolah tersebut.
  3. Tim Teknis Kota/Kabupaten dan atau Propinsi melakukan verifikasi kesiapan sekolah.
  4. Kota/kabupaten men-check list hasil verifikasi sekolah dalam web UNBK.
  5. Hasil verifikasi dilaporkan secara tertulis ke propinsi.
CATATAN: Verifikasi sekolah langsung oleh tim teknis pusat hanya dilakukan jika dipandang perlu.

TUGAS SEKOLAH:
  1. Sekolah melakukan pendaftaran UNBK dengan cara mengisi formulir pendaftaran melalui web UNBK.
  2. Sekolah yang telah ditetapkan sebagai penyelenggara UNBK 2016, mencetak formulir surat kesiapan dari web UNBK dan mengisinya serta ditandatangani oleh kepala sekolah dan pejabat dinas pendidikan kab/kota (min eselon III).
  3. Sekolah mengupload surat kesiapan ke dalam web UNBK.
alur pendaftaran sekolah calon penyelenggara UNBK 2016
Skema Alur Pendaftaran Sekolah Calon Penyelenggara UNBK 2016
PERSYARATAN SEKOLAH PESERTA UNBK (UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER) TAHUN PELAJARAN 2015/2016
  1. Tersedia petugas laboratorium komputer (minimal 1 proktor dan 1 teknisi);
  2. Dapat menyediakan sarana komputer dengan spesifikasi (minimal) sebagai berikut:
a. Server (utama dan cadangan): 
  1. PC/Tower/Desktop (bukan laptop)
  2.  Processor Xeon atau i5
  3.  RAM 8 GB, DDR 3
  4. Harddisk 250 GB
  5. Operating System (64 bit): Windows Server/Windows 8/Windows 7/Linux Ubuntu 14.04
  6. LAN CARD, dua unit
  7. UPS (tahan 15 menit)
  8. Jumlah server mengikuti rasio 1 : 40 (1 server maksimal untuk 40 client) 
  9. Cadangan 1 server.
b. Client (utama dan cadangan):
  1. PC atau Laptop
  2. Monitor minimal 12 inch
  3. Processor minimal dual core
  4. RAM minimal 512 MB
  5. Operating System: Windows XP/Windows 7/Windows 8/LINUX 
  6. Web Browser: Chrome/Mozilla Firefox/Xambro
  7. Hardisk minimal tersedia 10 GB (free space)
  8. LAN Card
  9. Jumlah client mengikuti rasio 1 : 3 ( 1 client untuk 3 peserta)
  10. cadangan minimal 10%.
  11. Headset/earphone (untuk ujian listening SMA/MA dan SMK)
c. Jaringan internet dengan bandwidth minimal 1 Mbps
d. Jaringan area lokal (Local Area Network – LAN)


EmoticonEmoticon