Waspada Kecanduan Game Pada Anak

Tags dilihat: kali

Di era yang semakin canggih ini, permainan tradisional untuk anak-anak semakin tersingkirikan. Berganti dengan permainan yang menggunakan komputer yang terhubung ke internet ataupun gadget. 

Anak bisa menghabiskan waktu hingga berjam-jam hanya untuk bermain di komputer. Mereka jadi kecanduan dan lebih banyak menghabiskan waktu bermain di komputer dibandingkan bersosialisasi dengan teman-temannya.

Tetap terhubung ke dunia maya dalam waktu cukup lama juga bisa mengakibatkan anak-anak tidak mampu menghadapi tantangan nyata kehidupan.

Ketika anak sudah kecanduan berbagai game, hal tersebut dapat mendatangkan berbagai efek negatif pada diri anak, salah satunya pengaruh pada kesehatan fisik dan mental.

Ayah Anak Bermain Game

Ini efek yang akan dialami buah hati yang kecanduan bermain game:

1. Sakit Mata

Jika anak Anda menghabiskan waktu seharian di depan layar monitor dan menatap layarnya secara terus menerus, matanya akan terganggu. Mata anak Anda akan terkena Computer Vision Syndrome (CVS) dimata penglihatannya akan terganggu dan sakit di bagian mata.

2. Nyeri Pada Jari dan Pergelangan Tangan

Berlama-lama duduk di depan komputer dalam posisi yang salah dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Jika anak Anda mengeluh sakit pada bagian pergelangan tangan dan jarinya nyeri dan sakit atau ada sensasi terbakar di syaraf, segera perbaiki postur duduknya di depan komputer.

3. Obesitas

Karena terlalu lama fokus di depan komputer, anak akan kurang bergerak. Anak yang kurang bergerak akan mengalami kemungkinan obesitas dan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit pada buah hati Anda. 

4. Tingkah Laku Berubah

Ada beberapa permainan komputer yang dirancang dengan banyak kekerasan di dalamnya, misalnya membunuh lawan untuk mencapai ke tingkat berikutnya. Hal tersebut dapat mempengaruhi anak menjadi agresif di kehidupan nyata. Menurut para ahli, tingkah laku anak berubah karena terbiasa melihat karater permaianan tersebut. Anak tidak dapat membedakan dunia nyata dan permainan di komputer.

5. Kurang Sosialisasi

Bagi anak-anak, mungkin lebih menyenangkan bermain di depan komputer dari pada bermain dengan teman-teman sebayanya. Jika anak Anda lebih fokus bermain game dibandingkan menghiraukan perkataan Anda, bisa jadi anak sudah terkena efek dari kecanduan komputer.

6. Kurang Tidur

Penelitian menemukan bahwa bermain komputer secara terus menerus dapat mempengaruhi waktu tidur. Blue light atau cahaya biru yang dipantulkan monitor komputer akan membuat anak Anda susah tidur.

7. Prestasi Akademik Menurun

Ketika buah hati Anda sudah kecanduan dengan komputer atau gadget, pasti akan sulit menyempatkan waktu untuk belajar. Efeknya, prestasi di sekolah akan menurun. Selain itu, konsentrasi di sekolah juga akan berkurang karena anak akan lebih fokus ke permainannya.

Tapi, memang tidak mudah untuk menghilangkan game sepenuhnya dari kehidupan anak Anda, karena saat ini permainan tersebut cukup populer. Oleh karena itu, orang tua dapat mengontrol permainan mereka dengan beberapa batasan, diantaranya mengatur waktu bermain dan menginstalnya di komputer utama, bukan di laptop pribadinya. Cek aktivitas hariannya saat sedang bermain dengan menggunakan internet.

Kenalkan anak Anda pada dunia luar seperti olah raga atau wisata alam. Sebagai orang tua tentu Anda yang punya peranan dalam menerapkan disiplin ke buah hati Anda, agar anak dapat mengetahui mana yang baik atau tidak baik.


EmoticonEmoticon